HANDMADE ANAK BANGSA

HANDMADE ANAK BANGSA Order Blog| HAND MADE SHOP

  • Facebook
  • Twitter

>---- -- Hello world!
>------- Righteous Kill
>----- Quisque sed felis

About Handmade shop

Foto Saya
Hotibul Akmal
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Setiap orang memiliki cara hidup dan kehidupan yang berbeda soooo hargailah perberdaan
Lihat profil lengkapku

KLIK SALAHSATU GAMBAR

Blog Archive

...

SULING

CINTAI DAN HARGAI JUGA PELAJARI BUDAYA PENINGGALAN LELUHUR KITA


SULING JAWABARAT


1. suling dengan lubang 6
2. harga : 35.000/buah
Lubang 4 Rp: 25.000
3. panjang : 30 cm
4. Sejaarah


   Sulingan terdapat hamper disetiap daerah di Tatar Sunda, yang terdiri dari beberapa macam Suling diantaranya yaitu Suling Panjang, terbuat dari Awi Tamiang dan berlubang 6 buah untuk mengatur nada. Pada ujung yang berpongpok (tutup) dipasang Suwer (sumber) untuk meniup Suling tersebut. – - Suling Panjang dipergunakan sebagai pelengkap pertunjukkan Kecapi Suling, Tembang Sunda dan Kawih Sunda. Suling in termasuk suling yang sangat pleksibel, karena dalam satu buah alat Suling yang berlubang 6 bisa memainkan beberapa laras atau Surupan. Di antaranya bisa memainkan Laras Salendro, Pelog, Surupan Sorog dan sebagainya - Suling Pendek atau Suling Degung terbuat dari Awi Tamiang dan berlubang 4 buah. Satu Iubangnya lebih besar dari ketiga lubang yang lainnya. Karena intervalnya nada Iebih jauh. Pada ujung yang berpongpok dipasang Suwer untuk meniup Suling tersebut. Suling ini dipergunakan sebagai pelengkap pertunjukkan Degung dimana Suling ini sangat berperan sekali dalam menyajikan gendingan lagu-lagu Degung Ageung. - Suling Salendro, terbuat dari Awi Tamiang dan berlubang 5 buah sebagai pengatur nada. Suling ini dipergunakan sebagai pelengkap pada pertunjukkan Tembang Sunda, Kecapi Suling dan Kawih Sunda yang menyajikan lagu-lagu yang berlaras Salendro.
5. Bahan
  Namanya juga suling bambu, maka bahan yang digunakan untuk memnbuatnya yaitu bambu, tapi tidak sembarang bambu saja. karena kalau biasanya ruas ruas bukunya tidak sepanjang dengan bambu suling, juga diameter bambu biasa. Didaerah jawabarat biasanya bambu yang seperti ini disebuat dengan awi tamiyang, ada juga yang menyebutnya pring tulup.
6. Manfaat
  Pada zaman dulunya suling berfungsi untuk mengiringi pertunjukan khas setempat tapi seiring dengan perkembangan zaman fungsi suling ini berubah menjadi alat musik.
7. pemesanan
 Kalau anda berminat dengan barang kami, silahkan kirim lewat E-MAIL ke akmalhotibul2012@gmail.com atau bisa mengomen komentar yang ada di blog ini.
   
















3 Responses so far.

  1. gan ada suling yang lubangnya 4 gak?kalau ada harganya berapa?

  2. ada. suling yang lubangnya 4 harganya harganya 25.000 dan yang lubangnya 6 juga ada tapi harganya 35.000. cara silahkan pesan dan kirim datalengkapnya
    caranya :
    nama barang.jumlah barang.alamat pribadi

Leave a Reply

Dream